SMA IT ADZKIA-SMA IT ADZKIA-SMA IT ADZKIA
Selamat Datang di Portal Sekolah

Hijrah itu..ibarat ngupas bawang :’)

Suatu waktu, salah satu temanku di pesantren, ber-argumen “bukanya gua ga mau berubah jadi orang baik, tapi kan sampe saat ini gua belum di kasih hidayah sama Allah. So..gimana caranya gua berubahh coba..?” celetuknya.
                        Hidayah itu udah ada ko.. tinggal kita nya aja harus ada usaha buat nyari hidayah. Karena hidayah itu di cari..bukan di tunggu cuy :v Mau sampai kapan nunggu hidayah datang buat hijrah jadi lebih baikk? Apa harus mendapat adzab dahulu agar kita mampu berHijrah..? dihh..Naudzubillah >_< 
                        Nihh..kutipan jlebb..! dari buku karya Ibn Qoyyim Al Jauzi :        
                                Wahai tawanan dunia, wahai budak nafsu, wahai sarang dosa, wahai wadah bencana, ingatlah apa yang telah kau perbuat dan takutlah kepada Tuhan! Jangan sampai Dia melihat kesalahan dan kedurhakaanmu, sehingga Dia halangi engkau dari pintu-Nya, Dia jauhkan engkau dari sisi-Nya, dan Dia cegah engkau untuk akrab dengan para kekasih-Nya. Bila demikian, engkau terjatuh dalam jurang kehinaan dan terperangkap da-lam jaring kerugian. Setiap kali engkau ingin membebaskan diri dari kesesatan, suara Tuhan menyeru: "Menjauhlah dari Kami, engkau tidak mendekati Kami wahai pengkhianat yang alpa dan melalaikan Kami Engkau berpaling dari Kami dan tidak taat kepada Kami Kau hendak mencari ridla, padahal hubungan telah ter-urai Bagaimana engkau sekarang mau menghampiri Kami sementara sejak lama engkau melupakan Kami Wahai pengingkar janji, tidak ada yang tersambung dengan Kami kecuali mujtahid yang sungguh-sungguh merendahkan diri." Wahai pembeli barang fana dengan sesuatu yang kekal, tidakkah engkau merasa rugi? Betapa manisnya hari-hari perjumpaan dan betapa pahitnya hari-hari perpisahan. Tidaklah kehidupan suatu kaum menjadi baik kecuali dengan berhijrah, begadang seraya mem-baca Alquran, serta melewati malam dengan berdiri di hadapan dan bersujud kepada Tuhan.
            Sekali lagi...
     
Apa harus mendapat Adzab lebih dahulu agar kita mampu berhijrah..?
Naudzubillah. Yuk hijrah ^^
            Tapi..masih ada kasus yang harus kita hindari. Mungkin kita pernah melihat seseorang yang sholeh atau yang sedang dalam proses berHijrah terlihat kaku, garing dan cenderung sedikit bicara, atau bahkan ada yang terlihat sombong dan judes -__- menurut ku ada 2 kemungkinan mengapa mereka seperti itu, yang pertama merasa paling baik karena berani berHijrah , wah wah.. Allah itu Maha Tau segala isi hati manusia bro..! kalau saat berHijrah ada molekul-molekul Ujub (bangga pada diri sendiri) , Sombong dan ria.., lebih baik kita perbaiki lagi niat kita berhijrah deh.. J
                        Kemungkinan yang kedua adalah terlalu fokus mengubah dirinya sendiri. “Ketika orang awam terlalu fokus mengubah dirinya, maka Amar ma’ruf nahi munkar nya menjadi tiada. Tetapi justru amar ma’ruf nahi munkar termasuk proses untuk mengubah dirinya” –Luthfi Hasanal Bolqiah-
                        Aku pernah mempunyai teman yang mempunyai tekad yang besarr.. dia bilang pingin ngubah Indonesia biar jadi negara yang bukan hanya negara mayoritas muslim, tapi indonesia menjadi negara yang menegakan syariat islam..! tapi seketika semangat tekad nya patah ketika teman ku yang lain nyeletuk “heh..jangan mimpi bisa ngubah Indonesia apalagi dunia..kalau ente belum bisa ubah diri sendiri” teman ku yang punya tekad besar itu merasa rendah diri.
                        Menurut ku, mungkin ada salah penafsiran dari suatu istilah :
            “Ubah dulu dirimu sendiri menjadi baik.. sebelum menyuruh orang lain untuk menjadi baik..”
                        Bayangin aja.., Kalau harus ngubah diri sendiri sampai jadi baikk dulu.. mau sampai kapann..??? Diri kita ini tempat khilaf dan salah.., jadi kita tak pernah menjadi orang yang 100% baik pribadinya. So.. mengajak orang lain untuk berubah menjadi lebih baik itu termasuk proses yang harus di lalui apabila hendak mengubah diri sendiri menjadi lebih baikk ^^
                        Yang bikin jengkel itu..ketika ada orang yang melarang kita melakukan dosa, tapi orang itu sendiri melakukan hal yang dia larang pada orang lain -__- jadi beda sama orang yang sambil mengubah dirinya menjadi lebih baik..dia juga mengajak oran lain untuk menjadi lebih baikk ^_^
                        Jangan takut di bilang pencitraan ngajak teman dalam kebaikan.., teman kita ga tau aja..kalau kita ngelakuin ini tuh.. karena kita sayang sama teman kita, kita pingin kan ketemu lagi sama teman kita di syurgaNya nanti...? ^^
                         Jangan sampai Hijrah nya kita..mengubah diri kita sendiri menjadi orang yang pasif dalam ber-amar ma’ruf nahi munkar.., karena Amar ma’ruf Nahi Munkar juga..merupakan bagian dari Hijrah sob.. :P  
                       

                        Hijrah itu ibarat mengupas bawang..untuk mendapatkn isinya, agak mustahil kita tidak mengeluarkan Air mata.. :’)
Sabarr, hijrah itu awalnya pahit tapi akhirnya manis ko..
^^ kalau kamu mau tau..Sebenernya Allah sdang tersenyum karna kamu mau berlari ke arah-Nya.
Jangann hiraukan mereka yang slalu membicarakan masa lalu mu & tidak menghargai perjuangan mu untk Berubah mnjdi lebih baikk..
:D
Mungkin mreka yg mencemooh prubahan mu, hanya karena mereka iri..kamu lebih berani untuk Hijrah dari pda mreka :p
Tenang..jangann Khawatir sob, ingat Janji Allah..! jika kita Hijrah krena Allah..maka Allah akan mngirimkan orang" yg baik untuk menemani perjalanan Hijrah kita
^^9
                        ...Jangan trlalu memikirkan perkataan orang lain tntang HIJRAHmu, karna sedikit pun mreka tak membantu menjawab pertanyaan malaikat d dalam KUBURmu...
                        Wallahu’alam..
                        #BeraniHijrah..!
                        #TalkLessDoMore
                        #AlGhurobaJourney




                                                                                                           
                        Muhibbukum Fillah : Andina Zakia Z.
X. IPS
Share this post :

Popular Post

 
Support : MR.KHANS | SIT ADZKIA
Copyright © 2014. SMA IT ADZKIA SUKABUMI
( TERAKREDITASI "A" )
- All Rights Reserved
Template by Cara Gampang Published by Cargam Template
Proudly powered by Blogger